Rabu, 07 November 2012

Komunikasi intrapersonal dan interpersonal

Komunikasi intrapersonal dan interpersonal
A. Komunikasi intrapersonal
 Definisi komunikasi intra personal adalah komunikasi yang dilakukan oleh diri sendiri atau kepada Tuhan atau bisa dibilang intropejksi diri
- Apa yang terjadi dalam diri manusia, seperti apa yang mereka pikirkan, rasakan, nilai-nilai yang dianut, reaksi,khayalan, mimpi, dan lain-lain merupakan dimensi dari intrapersonal. Kajian dari psikologi dan studi kognitif ini mencoba menjelaskan bagaimana tanggapan manusia terhadap simbol dan bagaimana mereka membuat keputusan, menyimpan, dan mengolah data dalam pikiran.
(Gail E. Myers & Michelle Tolela Myers)
Aktivitas dari komunikasi intrapribadi yang kita lakukan sehari-hari dalam upaya memahami diri pribadi diantaranya adalah; berdo'a, bersyukur, instrospeksi diri dengan meninjau perbuatan kita dan reaksi hati nurani kita, mendayagunakan kehendak bebas, dan berimajinasi secara kreatif

B. Komunikasi interpersonal
  Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal. Komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi yang hanya dua orang, seperti suami istri, dua sejawat, dua sahabat dekat, guru-murid dan sebagainya (Mulyana, 2000, p. 73)
 Tujuan Komunikasi Interpersonal adalah menemukan diri sendiri,menemukan dunia luar,membentuk dan menjaga hubungan yang penuh arti,berubah sikap dan tingkah laku,untuk bermain dan untuk membantu.
proses komunikasi intrapersonal melibatkan beberapa unsur atau elemen sebagai berikut (Burgon & Huffner, 2002):
- Sensasi, yaitu proses menangkap stimulus (pesan/informasi verbal maupun non verbal). Pada saat berada pada proses sensasi ini maka panca indera manusia sangat dibutuhkan, khususnya mata dan telinga.
 -Persepsi, yaitu proses memberikan makna terhadap informasi yang ditangkap oleh sensasi. Pemberian makna ini melibatkan unsur subyektif. Contohnya, evaluasi komunikan terhadap proses komunikasi, nyaman tidakkah proses komunikasi  dengan orang tersebut?
-Memori, yaitu proses penyimpanan informasi dan evaluasinya dalam kognitif individu. Kemudian informasi dan evaluasi komunikasi tersebut akan dikeluarkan atau diingat kembali pada suatu saat, baik sadar maupun tidak sadar. Proses pengingatan kembali ini yang disebut sebagai recalling.
- Berpikir, yaitu proses mengolah dan memanipulasi informasi untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah. Proses ini meliputi pengambilan keputusan, pemecahan masalah dan berfikir kreatif. Setelah mendapatkan evaluasi terhadap proses komunikasi interpersonal maka ada antisipasi terhadap proses komunikasi yang selanjutnya.
Contohnya, jika kita merasa tidak nyaman berkomunikasi dengan dosen maka kita mempunyai cara untuk antisipasi agar komunikasi di kemudian hari menjadi lancar.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_intrapersonal 
         http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/15666/1/pkm-sep2004-%20(2).pdf
         http://www.psikologizone.com/definisi-komunikasi-interpersonal/06511922
         http://jurnal-sdm.blogspot.com/2010/01/komunikasi-interpersonal-definisi.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar